Views:

Pertanyaan :

Apakah ada hibah dan/atau bantuan dana penelitian dari Bank Indonesia bagi Peneliti/Dosen ?

Apabila dalam penelitian mencantumkan Bank Indonesia sebagai sponsor, Apakah mendapatkan bantuan dana ?

Jawaban :

Hibah Riset dan/atau bantuan penelitian yang diberikan oleh Bank Indonesia antara lain : 

1.     Program Bantuan Penelitian (Banlit)

Program ini merupakan program bantuan yang diberikan kepada mahasiswa/i tingkat akhir universitas/perguruan tinggi yang telah memiliki nota kesepahaman (MoU) dengan BI Institute.

Bantuan diberikan melalui proses seleksi administrasi dan proses seleksi/review atas proposal penelitian.

2.     Program Research Grant Bank Indonesia (RGBI)

Merupakan program pemberian grant kepada tim peneliti dengan topik penelitian yg telah ditentukan oleh BI dan dapat diikuti oleh universitas/perguruan tinggi yang telah memiliki nota kesepahaman (MoU) dengan BI Institute.

Bantuan diberikan melalui proses seleksi, review dan penilaian secara ketat oleh tim reviewer/penilai.

Pilar riset yang dilakukan BI Institute merupakan riset-riset strategis frontier mengenai isu-isu terkini dan berbagai isu strategis dibidang makroekonomi-moneter, stabilitas sistem keuangan, pasar keuangan, sistem pembayaran, serta leadership yang mendukung kurikulum dan program pembelajaran.  Riset-riset BI Institute dilakukan untuk mendukung perumusan kebijakan Bank Indonesia dan nasional. Memasuki era digital saat ini, riset-riset juga dilakukan untuk menavigasi ekonomi digital.

Program riset dilakukan selain oleh peneliti-peneliti andal BI, juga dilakukan  bekerjasama dengan peneliti andal internasional dan nasional (research scholar) dan dengan lembaga riset terkemuka internasional dan nasional (research collaboration), serta melalui research grantyang memberikan kesempatan kepada lembaga riset untuk melakukan penelitian dengan skema sayembara dan dilakukan sesuai dengan best practice.

Informasi mengenai Riset pada BI Institute dapat diakses melalui tautan https://www.bi.go.id/id/bi-institute/Research.aspx 

Selanjutnya, terkait permohonan Riset/Penelitian dari Mahasiswa kepada Bank Indonesia merupakan bersifat pengajuan dengan prosedur mengirimkan permohonan dalam bentuk hard copy yang ditujukan kepada :

Departemen Sumber Daya Manusia (DSDM)

Divisi Pelaksanaan, Pemenuhan, dan Pemeliharaan SDM

Gedung Tipikal Lantai 9

Follow up permohonan : magang@bi.go.id

Comments (0)