Views:

Apa yang dimaksud dengan IndoNIA dan JIBOR ?

•    IndONIA adalah indeks suku bunga atas transaksi pinjam-meminjamkan Rupiah tanpa agunan yang dilakukan antarbank untuk jangka waktu overnight di Indonesia

No Subjek Keterangan
1 Waktu Publikasi 19.30 WIB (sejak tanggal 1 Agustus 2018) di website Bank Indonesia
2 Tenor Overnight
3 Metode Perhitungan Rata-rata tertimbang berdasarkan nilai nominal transaksi (volume-weighted average)
4 Ketentuan Fallback

PBI 20/7/PBI/2018 
Pasal 4: 
(1)     Bank Indonesia melakukan publikasi IndONIA
(2)     Apabila dalam ketentuan Bank Indonesia terdapat rujukan penggunaan IndONIA untuk tanggal tertentu, namun pada tanggal tersebut Bank Indonesia tidak memublikasikan IndONIA maka rujukan penggunaan IndONIA menggunakan tanggal publikasi sebelumnya.

PADG 20/19/PADG/2018
Pasal 2.(1):    Bank Indonesia menetapkan IndONIA pada setiap Hari Kerja 
Pasal 4(2):     Dalam hal terjadi perpanjangan batas waktu pelaporan, IndONIA dipublikasikan pada situs web Bank Indonesia 30 (tiga puluh) menit setelah batas waktu pelaporan dimaksud berakhir
 

.•    JIBOR adalah rata-rata dari suku bunga indikasi pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan oleh bank kontributor kepada bank kontributor lain untuk meminjamkan Rupiah di Indonesia, untuk tenor di atas overnight.

No Subjek Keterangan
1 Waktu Publikasi 10.00 WIB
Per tanggal 2 Januari 2019:
11.00 WIB
2 Tenor Overnight, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan
Per tanggal 2 Januari 2019:
1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan
3 Metode Perhitungan Rata-rata sederhana (simple average), setelah mengeluarkan 15% data Offer Rate tertinggi dan 15% data Offer Rate terendah

IndONIA dan JIBOR merupakan data referensi suku bunga dalam mata uang Rupiah.

Per tanggal 2 Januari 2019, Bank Indonesia tidak lagi memublikasikan JIBOR tenor overnight dan diharapkan pada saat itu kontrak-kontrak keuangan yang sebelumnya menggunakan JIBOR overnight sebagai referensi dapat beralih ke IndONIA sebagai referensi terkini untuk tenor overnight.

Dimana saya dapat memperoleh data Histori IndoNIA dan JIBOR ?

Data histori IndoNIA dan JIBOR dapat diakses pada website Bank Indonesia melalui tautan berikut https://www.bi.go.id/id/statistik/indikator/IndONIA.aspx

Apakah Bank Indonesia memiliki data IndoNIA dan JIBOR dalam mata uang USD ?

Dengan mulai dipublikasikannya IndONIA per tanggal 1 Agustus 2018 yang terbentuk dari transaksi pasar, IndONIA diharapkan dapat menggantikan peran JIBOR tenor overnight sebagai benchmark rate pasar uang. Per tanggal 2 Januari 2019, Bank Indonesia tidak lagi mempublikasikan JIBOR tenor overnight . Bank Indonesia pernah menerbitkan data JIBOR dalam mata uang USD, namun dihentikan publikasinya sejak tahun 2015.

Apa perbedaan BI 7-Day Repo Rate, IndoNIA, dan JIBOR
 

BI 7-Day Repo Rate IndoNIA JIBOR

•    BI 7-Day RR merupakan suku bunga kebijaka Bank Indonesia, sehingga mencerminkan sikap atau stance kebijakan moneter yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan diumumkan kepada publik.

•    Bi 7-Day RR diumumkan oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia setiap Rapat Dewan Gubernur Bulanan dan diimplementasikan pada operasi moneter yang dilakukan Bank Indonesia.

•    Dalam penetapan BI 7-Day RR juga akan ditetapkan Koridor Suku Bunga baik berupa Lending Facility (suku bunga atas pinjaman kepada Bank Indonesia) maupun Deposit Facility (suku bunga atas penempatan dana di Bank Indonesia)  

•    IndoNIA merupakan suku bunga atas transaksi pinjam-meminjamkan Rupiah tanpa agunan yang dilakukan antar bank  untuk jangka waktu overnight di Indonesia. Dengan demikian IndoNIA merupakan suku bunga transaksi yang terbentuk dari transaksi pasar.

•    Penetapan IndoNIA dilakukan dengan menghitung rata-rata tertimbang berdasarkan nilai nominal transaksi (volume-weighted average) atas seluruh data transaksi PUAB overnight yang dilakukan pada hari transaksi.

•    IndoNIA sebagai benchmark pasar uang overnight berdasarkan transaksi biasanya digunakan sebagai acuan untuk valuasi transaksi derivatif suku bunga Overnight Indexed Swap yang bersifat jangka pendek.
 

•    JIBOR merupakan suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia berdasarkan kuotasi suku bunga indikasi yang disampaikan oleh Bank Kontributor dan mencerminkan suku bunga pasar uang pada saat itu, bukan merupakan suku bunga atas transaksi yang terjadi di pasar.

•    JIBOR sebagai benchmark pasar uang dengan tenor lebih panjang , biasanya digunakan sebagai acuan untuk valuasi transaksi derivatif suku bunga Interest Rate Swap yang bersifat jangka panjang . 
 

Referensi Peraturan

Peraturan Bank Indonesia No. 20/7/PBI/2018

Peraturan Anggota Dewan Gubernur No. 20/19/PADG/2018