Views:

Sumber Juga Dapat diakses melalui tautan : https://pcpm37.rekrutmenbi.id/landing/faq atau dapat unduh disini PCPM 37.pdf

1. Apakah itu PCPM?
PCPM adalah Pendidikan Calon Pegawai Pangkat Asisten Manajer, merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.

2. Jalur apa saja yang digunakan dalam rekrutmen PCPM Angkatan 37 tahun 2022?
Rekrutmen PCPM Angkatan 37 tahun 2022 menggunakan 2 (dua) metode yaitu :
Open Recruitment
Targeted Recruitment.

3. Apakah perbedaan dari masing-masing jalur dalam rekrutmen PCPM Angkatan 37 tahun 2022?
Open Recruitment
Open recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi.

Targeted Recruitment
Targeted recruitment merupakan salah satu jalur penerimaan PCPM Bank Indonesia yang dilakukan secara targeted bekerjasama dengan beberapa pihak, yang terbagi atas 3 metode yakni:
Campus Hiring dalam negeri, yang dilakukan bekerjasama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang termasuk ke dalam klaster 1 berdasarkan pengelompokan dari Ditjen Diktiristek;
Campus Hiring luar negeri, yang dilakukan untuk merekrut lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang termasuk ke dalam peringkat Top 30 berdasarkan QS World Universities Ranking dan Times Higher Education by subject; dan
Referral, yang dilakukan bekerjasama dengan Lembaga Penyedia Beasiswa.

4. Bidang Studi apa saja kah yang dibuka pada PCPM Angkatan 37 Open Recruitment?
•    Matematika
•    Statistika
•    Teknik Industri
•    Teknik Informatika
•    Ilmu Komputer
•    Sistem Informasi
•    Ilmu Ekonomi / Studi Pembangunan
•    Ilmu Ekonomi Syariah / Islam
•    Manajemen
•    Akuntansi
•    Keuangan
•    Ilmu Hukum
Untuk lulusan perguruan tinggi dari luar negeri, memiliki bidang studi yang setara dengan bidang studi di atas.

5. Apakah pelamar yang memiliki bidang studi selain yang disebutkan di website rekrutmen ini dapat menyampaikan online application?
Bank Indonesia hanya akan mengundang pelamar yang dinilai memenuhi persyaratan dan/atau kualifikasi yang ditetapkan untuk mengikuti proses seleksi PCPM Angkatan 37.

6. Kapankah periode penyampaian online application rekrutmen PCPM Angkatan 37 tahun 2022 jalur open recruitment?
Periode penyampaian online application dilakukan mulai tanggal 20 Agustus 2022 (Pukul 00.01 WIB) sampai dengan tanggal 25 Agustus 2022 (Pukul 24.00 WIB).

7. Apa saja dokumen yang diunggah (upload) pada saat penyampaian online application?
•    Dokumen yang diunggah (upload) pada saat penyampaian online application antara lain:
•    Scan identitas diri (KTP) – mandatory;
•    Scan ijazah - mandatory;
•    Scan transkrip nilai - mandatory;
•    Scan SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan Surat Hasil Konversi IPK dari Ditjen Diktiristek (khusus bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri).
•    Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
•    Scan sertifikat bahasa Inggris yang masih berlaku, seperti IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL dan sertifikat keahlian (apabila ada).

8. Apakah peserta bisa melamar apabila belum menerima Ijazah/Transkrip Nilai?
Peserta tetap dapat melamar sepanjang sudah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan minimal sesuai kualifikasi. Untuk sementara peserta dapat menyampaikan Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti Ijazah, serta Transkrip Nilai Sementara sebagai pengganti Transkrip Nilai yang sudah mencantumkan seluruh nilai yang diperoleh yang telah disahkan oleh perguruan tinggi (Legalisir). Apabila peserta lolos hingga seleksi tahap akhir, maka peserta diwajibkan untuk menyampaikan dokumen asli Ijazah dan Transkrip Nilai resmi.

9. Apakah peserta diperkenankan melamar bila memiliki hubungan keluarga dengan salah satu pegawai (organik / non organik) di Bank Indonesia?
Peserta tetap diperkenankan untuk melamar pada seleksi penerimaan selama anda memenuhi persyaratan administrasi. Namun, apabila peserta dinyatakan lulus seleksi, peserta hanya dapat bekerja di BI selama tidak memiliki hubungan keluarga dengan pegawai di BI dengan kriteria sebagai berikut:
Saudara (kandung/tiri/angkat) yang masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak dipekerjakan di Bank Indonesia (organik / non organik);
Suami/istri yang masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan di Bank Indonesia (organik / non organik); atau
Orang tua (kandung/tiri/angkat) dan mertua yang kedua-duanya masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan Bank Indonesia (organik / non organik). Peserta hanya diperkenankan memiliki salah satu hubungan keluarga dengan orangtua atau mertua saja.


10. Bagaimana menuliskan angka IPK bagi peserta yang merupakan lulusan Luar Negeri?
Penulisan angka IPK bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri tetap dilakukan dengan menggunakan format IPK Indonesia (Maks 4.00), dengan mengacu kepada surat hasil konversi IPK dari Ditjen Diktiristek.

11. Bagaimana cara menyampaikan online application rekrutmen PCPM Angkatan 37 tahun 2022?
Silakan mengunjungi website rekrutmen PCPM https://pcpm37.rekrutmenbi.id dan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
•    Mengklik tombol masuk.
•    Mengisi nama lengkap, alamat email, nomor KTP dan password.
•    Membuka email yang sudah didaftarkan dan klik link untuk verifikasi akun.
•    Masuk ke akun dengan mengisi alamat email dan password akun.
•    Melengkapi formulir aplikasi online dengan lengkap, termasuk upload dokumen pendukung.

12. Jika saya sedang mengikuti seleksi targeted recruitment, apakah saya juga dapat mengikuti seleksi open recruitment secara bersamaan?
Peserta dimungkinkan untuk mengikuti kedua jalur secara bersamaan, namun apabila telah diterima melalui jalur targeted recruitment maka proses seleksi di jalur open recruitment tidak dilanjutkan.

13. Apakah terdapat perbedaan perlakuan antara kandidat open dan targeted setelah dinyatakan lolos seleksi?
Tidak ada perbedaan perlakuan setelah dinyatakan lolos seleksi. Peserta dari jalur open maupun targeted recruitment akan menjalani masa pendidikan (program on boarding) bersama-sama sebagai peserta PCPM.

14. Apakah syarat spesifikasi perangkat komputer (PC/laptop yang digunakan untuk melakukan online application)?
Untuk mengisi online application, agar menggunakan PC atau Laptop yang sudah terinstall dengan web browser versi terbaru. Perangkat hardware sekurang-kurangnya memiliki spesifikasi:
•    Processor Core i3 atau setara
•    Ram 4GB
•    HDD 500 GB
•    OS Windows/Linux/Mac versi terbaru
•    Dilengkapi perangkat web cam, audio, microphone dan mouse.
•    Tidak menggunakan mobile phone.

15. Bagaimana jika saya lupa password?
Pelamar dapat klik tombol lupa password di halaman login. Kemudian reset password akan dikirimkan ke email yang didaftarkan

16. Apakah ada syarat aplikasi browser yang digunakan untuk melakukan online application?
•    Pengisian online application dilakukan dengan menggunakan salah satu pilihan browser berikut:
•    Mozilla Firefox minimal versi 102 yang dapat menerima cookies.
•    Google Chrome minimal versi 102 yang dapat menerima cookies.
•    Microsoft Edge minimal versi 103 yang dapat menerima cookies.

17. Bagaimana cara mengetahui hasil seleksi administrasi dan seleksi tahapan berikutnya?
Hasil setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui email ( no-reply@pcpm37.rekrutmenbi.id) pada akun yang didaftarkan dan menu “Lamaran Saya” pada masing-masing kandidat serta melalui website rekrutmen ini.
Peserta dapat melakukan pengecekan email pada inbox. Apabila tidak terdapat email pemberitahuan pada inbox, silakan melakukan pengecekan pada spam atau all email. Bank Indonesia berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi. Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik (shortlisted candidates) berdasarkan penilaian Bank Indonesia yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

18. Dimana saja pelaksanaan seleksi yang dilakukan secara offline atau pertemuan langsung?
Pelaksanaan seleksi secara offline atau pertemuan langsung dilakukan pada 11 (sebelas) kota, yakni Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar dan Manado. Peserta harus memilih salah satu kota dari 11 kota dimaksud untuk menjadi lokasi pelaksanaan tes offline. Segala bentuk biaya transportasi dan akomodasi yang timbul dari pemilihan lokasi tes offline akan menjadi tanggungan peserta.

19. Bagaimana status aplikasi online jika saat ditengah-tengah mengisi terdapat kendala jaringan atau energi listrik?
Jika data belum disimpan (Save) maka data yang telah diinput akan hilang pada saat terjadi gangguan jaringan atau listrik padam. Untuk itu, disarankan agar pada setiap tahapan menu isian aplikasi online dapat disimpan (Save) terlebih dahulu sebelum mengisi menu isian selanjutnya.

20. Bagaimana status pelaksanaan online test jika saat ditengah-tengah mengisi terdapat kendala jaringan atau energi listrik?
Proses penyimpanan dilakukan per halaman online test secara otomatis. Apabila terjadi kondisi listrik padam atau gangguan jaringan maka peserta dapat mengulang kembali proses pengerjaan online test mulai dari halaman terakhir dengan sisa waktu yang ada (jangan melakukan Clear Cache). Pada saat listrik padam atau gangguan jaringan , waktu pengerjaan tes akan tetap berjalan sesuai dengan waktu mulai diawal pengerjaan. Pelaksanaan tes ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeur dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat online test tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 50 (lima puluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespon/tidak merespon, melayani/tidak melayani permintaan online test ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia seleksi.


21. Jika peserta sudah memilih kota dan sudah submit persyaratan (online application), apakah bisa mengajukan relokasi kota tes sebelum ada panggilan?
Peserta tidak diperkenankan pindah kota lokasi tes apabila sudah memilih kota pada tahap pendaftaran atau pengisian online application.

22. Apakah diperkenankan pengembalian dokumen jika kandidat tidak lolos? (Contoh: SKCK asli)
Dokumen yang sudah disampaikan menjadi milik Bank Indonesia dan tidak dapat dikembalikan.

23. Apakah Contact Center dibuka 24/7? Selain media telepon adakah media lain yang bisa dihubungi?
Selama pengisian aplikasi lamaran online, contact center dibuka selama 24 jam. Untuk tahapan berikutnya, layanan contact center dibuka pada jam kerja. Khusus selama pelaksanaan online test, terdapat media layanan lain yang diberikan yakni media chat.

24. Bagaimana jika saya masih memiliki pertanyaan namun belum tercantum dalam topik di atas?
Silahkan menghubungi Contact Center Rekrutmen pada nomor: 021-80602112

Comments (0)