Views:

Berikut FAQ Teknis terkait Hak Akses dan Validasi pada aplikasi LBUT, yang dapat menjadi acuan jawaban jika terdapat pertanyaan yang sama

PERTANYAAN JAWABAN
Hak Akses
Apakah penyebab harus melakukan login ulang ketika mengakses portal padahal sebelumnya sudah login? Hal ini terjadi karena user account yang digunakan "idle" selama 30 menit sehingga status Login-nya terkena "Session Timeout". Untuk dapat mengakses portal maka harus melakukan "login" kembali.
Apakah penyebab tidak bisa melakukan login di portal Antasena dan mendapatkan error "Unauthorized. Apakah petugas Bank pelapor belum mendapatkan Hak Akses ke Antasena" ? Permasalahan ini terjadi apabila user account yang gunakan sudah login di device lain sebelumnya dan belum melakukan "logout" di device tersebut atau tidak dalam kondisi idle selama 30 menit. Solusinya adalah melakukan logout di device sebelumnya atau menunggu waktu 30 menit agar sistem dapat menjalankan auto logout pada akun user tersebut.
Bagaimana cara melakukan pengecekan pada menu Portal LBUT apabila filter Kantor Cabang (KC) tersebut tidak muncul ? Untuk melihat filter Kantor Cabang (KC) dapat melakukan pengecekan pada hak akses user pelapor tersebut pada kewajiban pelaporan informasi dan pengaturan usernya terhadap idpelapor yang digunakan.
Bagaimana cara mengidentifikasi penyesuaian (pencabutan kewajiban) pelaporan pada aplikasi LBUT? Dalam hal ini misalnya dari dashboard aplikasi LBUT, masih terdapat kewajiban pelaporan triwulanan KI Keuangan (laporan Laba Rugi, Pos-pos laporan posisi keuangan dan rekening administratif) padahal seharusnya tidak lagi dilaporkan oleh Bank ? Terkait permasalahan tersebut, untuk Kelompok Informasi yang tampil pada Tabel Jatuh Tempo di Dashboard Portal Antasena merupakan data dari tipe periode dan kewajiban pelapor berdasarkan dari hak akses informasi per user. Sehingga walaupun terdapat infromasi yang bukan merupakan kewajiban pelaporan masih akan tetap tampil selama user tersebut memiliki hak akses untuk semua informasi.  Selanjutnya jika perlu dilakukan penyesuaian terhadap tabel Jatuh Tempo, kewajiban Pelaporan Kelompok Informasi Keuangan Triwulan yang sudah dicabut perlu dilakukan penyesuaian juga untuk hak akses informasi per usernya terhadap semua informasi yang sudah bukan kewajiban pelaporan.
Bagaimana solusi saat pelapor tidak bisa mengakses pelaporan, pengecekan dan monitoring untuk beberapa Kantor Cabang (KC) ? Solusi tersebut adalah pastikan user tersebut memang sudah memiliki akses untuk cabang yang dimaksud. Untuk memastikan hal tersebut dapat melakukan pengecekan atas surat pengajuan user sebelumnya yang disampaikan oleh Bank kepada Bank Indonesia. Dalam hal terdapat penambahan akses ke cabang lainnya maka dapat mengajukan permohonan hak akses yang baru untuk user tersebut.
Validasi
Berapa max file ukuran data untuk mengirim ke sistem LBUT dalam bentuk zip karena pernah terjadi mengirim file dalam bentuk zip sebesar 100mb mengalami kegagalan ? Untuk menyampaikan data LBUT dengan jumlah yang besar maka disarankan menggunakan kanal mft. Dalam hal ini dipastikan tidak ada pembatasan bandwith dari pihak Bank .
Mohon bantuannya karena terdapat sttuck validasi di Web Pelaporan.Id PT Bank Sinarmas Tbk pada cabang KC Tuban 153058000 … dikarenakan user sudah melakukan upload pada tanggal 2 Juli 2023 pada jam 23:44 dan per saat ini masih stuck (terlampir di badan email)  Mohon menunggu karna proses validasi masih berjalan.
Mohon informasi kenapa file yang dikirimkan dengan Idops 3 (Delete), mengalami gagal validasi BVR? Hal ini terjadi karena file yang diunggah menggunakan Idops 3, maka tetap harus melalui proses validasi atas  sisa data yang tidak terhapus dari pelaporan sebelumnya yang telah dihapus. Solusinya adalah melakukan pengecekan berdasarkan pesan kesalahan yang dapat diunduh ketika ada file informasi idOps 3 yang gagal validasi pada BVR. Selanjutnya,  agar melakukan perbaikan data sesuai dengan penjelasan yang terdapat pada pesan kesalahan sebelum dilakukan pengunggahan file kembali.
Mohon penjelasan kenapa File yang sudah diunggah dan lolos validasi tetapi belum matching ?

Permasalahan ini terjadi karena :

1. Bank Lawan belum melaporkan transaksi yang sama dengan yang sudah dilaporkan.

2. Dipastikan kembali rule-rule matching sesuai informasi yang diunggah. Jika salah satu value di Dimensi Kolom yang akan dijadikan Rule Matching, tidak sama dengan yang dilaporkan oleh Bank Lawan, maka status akan menjadi "Tidak Matching". Untuk melihat nilai data yang sama milik pihak bank lawan maka masuk ke menu "Laporan" pilih "Laporan Statis" lalu pilih "Rincian Belum Matching", kemudian pada kolom bank diisi dengan id pihak bank lawan.

Mohon penjelasan kenapa status validasi masih menunggu kelengkapan? Status Validasi dari File Informasi yang dilaporkan "Masih Menunggu Kelengkapan" karena informasi tersebut sedang menunggu file informasi lainnya yang saling berkaitan. Contoh :File Informasi nrc01 akan berstatus validasi "Menunggu Kelengkapan" jika, seluruh rincian informasi yang berkaitan belum dilaporkan atau masih dalam tahapan menunggu antrian/validasi sebelum BVR.
Mohon penjelasan, kenapa file yang diunggah tidak lolos validasi dan muncul pesan kesalahan padahal menurut Bank Pelapor data sudah sesuai? Ketika terjadi permasalahan tidak lolos validasi, maka pelapor dapat segera menghubungi Helpdesk Pelaporan ( hd_pelaporan@bi.go.id atau 021-29814900
Mohon penjelasannya apa yang dimaksud dengan status informasi masih BVR Selesai? Untuk memastikan terlebih dahulu informasi yang status validasinya masih di BVR Selesai tersebut, apakah termasuk dalam informasi parent child atau bukan?Jika informasi Parent Child, pastikan informasi child-nya sudah di status "Matching Selesai". Jika bukan informasi Parent Child, atau informasi child yang sudah status validasinya sampai di Matching Selesai, mohon untuk menunggu terlebih dahulu (maksimal sampai 2 jam ke depan), dikarenakan file informasi yang berstatus "BVR Selesai" tersebut dimungkinkan sedang dalam antrian untuk diproses ke tahap selanjutnya (absensi dan matching). Apabila dalam kurun waktu tersebut masih belum didapati perubahan status ke validasi berikutnya, harap untuk segera hubungi Helpdesk Pelaporan ( hd_pelaporan@bi.go.id atau 021-29814900 )
Mohon penjelasannya kenapa informasi yang sudah diunggah tidak muncul di Menu Hasil Validasi? Informasi yang telah diunggah dapat dilihat melalui channel: Web Portal, MFT & API Gateway dan pastikan informasi yang sudah di unggah muncul di menu "Riwayat Unggah" dan statusnya sukses. Pastikan bahwa status di "Riwayat Unggah" sudah sukses. Apabila informasi yang di unggah tidak muncul maka pelapor dapat segera menghubungi Helpdesk Pelaporan ( hd_pelaporan@bi.go.id atau 021-29814900 )
Mohon penjelasannya kenapa saat terjadi kegagalan validasi untuk message-nya yang diterima berupa  "Error Message Blank ketika di download atau tidak jelas (dikarenakan ada simbol, contoh simbol "$") ? Setelah file informasi selesai di proses oleh BVR dan hasilnya adalah Gagal, maka sistem akan melakukan proses penulisan Pesan Kesalahan untuk ditampilkan di Menu Hasil Validasi. Jika file informasi yang mengalami status validasi BVR Gagal dan ketika sudah melebihi waktu 5 menit sejak status BVR Gagal terbentuk, Pesan Kesalahnya di download namun tidak tampil/Blank atau terdapat Simbol "$" pada pesan kesalahan, harap untuk segera hubungi Administrator BI untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Mohon penjelasannya kenapa tanda terima tidak muncul padahal sudah lolos validasi? Pembentukan tanda terima masih dalam proses karena menunggu antrian pembentukan tanda terima. Dalam hal ini, pelapor harus memastikan seluruh informasi yang tergabung dalam satu kelompok informasi berstatus  lolos validasi BVR terlebih dahulu.
Mohon penjelasannya terkait pernah terjadinya validasi LBUT  stuck di dini hari, apakah BI suka restart server ? BI tidak melakukan restart server pada dini hari. Apabila terjadi proses restart server, tuning server dan ujicoba pelaporan, maka selalu di informasikan terlebih dahulu kepada Bank.
Mohon penjelasannya terkait terjadinya proses validasi lambat di saat deadline pelaporan. Apakah untuk kendala tersebut sudah ada pemisahan server untuk menerima pelaporan ? Proses lambatnya validasi saat deadline pelaporan disebabkan karena adanya penumpukan pelaporan sehingga terjadi antrian validasi. Untuk mengatasi hal tersebut tidak ada pemisahan server namun di lakukan peningkatan infrastruktur LBUT yang akan di implementasikan pada Agustus 2023.
Mohon solusinya atas gagal Validasi pada penyampaian laporan formulir tpu01 (Transaksi Pasar Uang Antarbank (PUAB), Pasar Uang Antarbank), dimana hasil Validasinya : dan Deposit on Call (DoC)|2022-04-12|trxPuabPuasDoc: checkTimeFormatToListItem. time value or format for column jamTransaksi is not valid. format valid date is hh:mm:ss. The statement has been terminated. Terkait permasalahan ini mohon agar dapat melakukan pengecekan terkait format untuk value dari Jam Transaksi yang dilaporkan, dimana dari pesan kesalahan terlihat jika format yang dilaporkan belum sesuai dengan ketentuan yaitu hh:mm:ss. Mohon lakukan penyesuaian berdasarkan format yang berlaku sebelum melakukan pengiriman kembali
Untuk mempercepat proses validas, di usulkan agar validasi sebagaimana diatur oleh Bank Indonesia, diproses validasinya hanya di Bank Pelapor tidak ada lagi proses validasi di Bank Indonesia. Hal ini untuk mempercepat proses pengiriman dan penerimaan pelaporan ke Bank Indonesia. Masukan dari Bank akan di tampung dan di evaluasi dengan mempertimbangkan pelaporan LBUT dapat di sampaikan dengan baik dan lancar