Dalam proses inputnya, terdiri dari 3 langkah yaitu :
Input Data PPE
Input Data Incoming
Matching Data PPE dan Incoming.
1. Data PPE
a. Pilih Menu Pelaporan DHE
b. Pilih Menu Input Invoice Ekspor
c. Klik Icon “Tambahkan Data PPE”
d. Masukan data-data ke kolom filter Status jatuh tempo, tanggal PPE, Nomor PPE, Status Selesai, No. KPPBC, Flag PPE, Nomor invoice, Status surat terakhir
e. Klik “Cari Data” untuk memunculkan data PPE
f. Klik “Reset” Untuk membatalkan
g. Klik centang di checkbox pada Detail PPE-nya
h. Klik “Proses data terpilih” akan muncul notifikasi “Data PPE Sukses” untuk proses matching data
i. Klik “Batalkan” Untuk membatalkan
j. Dalam pengeditan dan penghapusan Data PPE dapat dilakukan dengan tampilan table Data PPE dengan cara:
Mengklik Icon Pensil berwarna biru
Masukan Jumlah Set Invoice dan Incoming
Klik icon “simpan” untuk menyimpan data
Klik icon “Hapus” untuk membatalkan PPE
2. Data Incoming
a. Pilih Menu Pelaporan DHE
b. Pilih Menu Data Incoming
c. Klik Icon “Tambahkan Data Incoming “
d. Masukan data-data kolom filter Tanggal Incoming, Kategori Rekening, Sumber Data, Nomor Rekening, Nomor Dokumen, Nama Bank, No referensi, Flag Incoming
e. Klik “Cari Data” untuk memunculkan data Incoming
f. Klik “Reset” Untuk membatalkan
g. Klik centang di checkbox pada Detail Incoming-nya
h. Klik “Proses data terpilih” akan muncul notifikasi “Ok” untuk proses matching data
i. Klik “Batalkan” Untuk membatalkan
j. Dalam penghapusan Data Incoming dapat dilakukan dengan tampilan table Data PPE dengan cara Klik icon “Hapus” Untuk membatalkan Incoming
3. Matching PPE dan Incoming
a. Tabel akan memunculkan Kolom PPE dengan Incoming
Untuk filter PPE terdiri dari kolom Invoice Final seperti No invoice, Tanggal, Valuta, Nilai Final dan Nilai Final USD
Untuk filter Incoming terdiri dari kolom No.Referensi, No.Dokumen, No.Rekening, Tanggal Dokumen,Valuta, Nilai Alokasi(Asli), Nilai Alokasi(USD), Nama Pengirim, Nama Bank dan Jenis Transaksi
b. Klik Icon Pensil Berwarna Biru
c. Klik No.Referensi dan pilih No.Referensi
d. Klik Nilai Final dan Masukan Nilai Final dari invoice PPE
e. Klik Nilai Alokasi, Tambahkan Nilai Alokasi dari invoice Incoming, nilai alokasi tidak boleh melebihi dari Incoming
f. Klik Jenis Transaksi dan Pilih Jenis Transaksi sebagai peruntukan sisa nilai alokasi dari nilai incoming
g. Klik Icon “Simpan Data” untuk menyimpan data
h. Klik Icon “Batal Data” Untuk Membatalkan Data
i. Pilih Dokumen Pendukung dengan mengklik icon “+”
j. Klik dan pilih Jenis Dokumen
k. Pilih Jenis dokumen untuk upload dokumen
l. Klik Icon “Simpan” untuk menyimpan data
m. Klik Icon “Batalkan” untuk membatalkan
n. Klik “Batalkan Transaksi” untuk membetalkan semua transaksi
o. Klik “Simpan dan Selesaikan Transaksi” Untuk Menyimpan semua transaksi